Ekspedisi curug genting kab.Batang - Jateng

Curug Genting adalah air terjun yang terdapat di Desa Bawang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Berjarak lebih kurang 38 km ke arah selatan dari pusat Kota Batang. Curug ini memiliki ketinggian sekitaran 40 meter, serta di sekitar lokasi air terjun dikelilingi oleh pohon pinus yang membuat lokasi ini jadi lebih asri.


Destinasi wisata alam ini ada di petak 49 derajat Hutan Lindung Tertutup (HLT) RPH Kembanglangit, BKPH Bandar, mempunyai luas sekitaran tujuh hektare serta dikelola melalui kerja sama pada Perum Perhutani KPH Pekalongan Timur serta Pemkab Batang.

Kenapa dinamai curug genting?. Curug genting berasal dari kata Curug (air terjun) dan Genting (Gua). Di lokasi air terjun ini terdapat gua dengan kedalaman 17 mtr. serta didalamnya mengalir air disela-sela bebatuan.


Untuk menuju ke tempat ini, anda melakukan perjalanan dari Batang – Bandar – Blado sejauh 25 km. Lalu menyusuri jalan desa beraspal dari Blado menuju ke desa Bawang kurang lebih 5 km. Setelah itu, daridesa bawang anda harus melewati jalan bebatuan sekitar 1km menuju loket masuk wisata curug genting. untuk menuju ke lokasi curug ini, anda harus jalan kaki menuruni anak tangga hingga sampai lokasi curug.


Curug ini pernah popular di masa lalu, tidak cuma dikenal oleh wisatawan lokal saja. Sayangnya mulai sejak th. 2009, Curug Genting tidak dikelola lagi oleh Pemerintah dengan beragam argumen. Satu alasan tempat ini di tutup karena kontur tanah yang akan Longsor. di sepanjang jalan dari loket menuju air terjun, sisi jalan adalah tebing dengan batu patahan alam. Dinding tebing berupa batu besar dengan tekstur patahan yang sangat indah. Patahan dinding tebing sangat rata dan menyerupai buatan manusia.


Pada awal 2017 lokasi wisata ini telah dibuka kembali dan dikelola oleh warga desa bawang bersama pemerintah kota batang. Selain air terjun, lokasi wisata ini sekarang menawarkan gardu pandang berupa perahu yang ada di atas bukit sebagai objek foto selfie. Selain itu gardu pandang juga dibuat didekat bukit air terjun sehingga air terjun bisa dilihat keindahannya dari kejauhan.


Ekspedisi ke lokasi curug genting saya lakukan di bulan juni 2017. selain untuk mengeksplore wisata kota batang, saya juga mencari tanaman aquascape yang ada di area curug. Karena lingkungan curug merupakan hutan yang masih sangat alami, sebenarnya banyak tanaman yang bisa digunakan untuk paludarium. Saya tidak menyisiri daerah hutannya karena saya belum tertarik pada paludarium. Pencarian tanaman saya lakukan disepanjang jalan, dibawah air terjun, tebing, dan sungai air terjun.


Disepanjang jalan, tanaman yang saya temukan adalah tanaman darat seperti paku-pakuan untuk paludarium. di dinding tebing saya menemukan tanaman paku-pakuan dan banyak jenis moss darat. Banyak sekali jenis moss namun tadak bisa hidup di air. Saat mencari di aliran sungai dibawah air terjun saya menemukan beberapa tanaman air, namun tidak full air. Tanaman hanya akarnya saja yang tertanam di latri sungai (pasir bercampur tanah) namun daunnya ada di darat. Saya pun mengambil 1 jenis tanaman yang saya kira bisa hidup di air.


Penelusuran berakhir di bawah air terjun. Di tebing air terjun banyak sekali jenis tanaman hijau dan mungkin bisa saja masuk dalam tank aquascape. namun karena derasnya air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40meter membuat saya tidak bisa mendekatinya. Saya hanya bisa menemukan banyak moss di bebatuan bawah air terjun. Hampir semua moss yang ada dibawah air terjun adalah java moss. Moss menempel dipermukaan batu yang berlatri. Moss tumbuh sangat subur, berwarna hijau agak sedikit kuning. Bagian bawah moss berwarna coklat. Saya mengambil lempengan moss sekitar 2 mika. Saya mengambil hanya sedikit agar tidak merusak alam. Akhirnya saya pulang membawa moss dan 1 tanaman lain.





Nb: setelah satu minggu, tanaman yang bisa bertahan di tank hanya java moss. 1 tanaman yang saya bawa bisa hidup, namun daunnya habis dimakan udang RCS.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal borneo sucker - ikan sapu-sapu mini dari borneo

Mengenal ikan Bumblebee Goby - Brachygobius xanthozona

mengenal GloFish / zebra danio